DRAMA YOUTH OF MAY. JADI DRAMA FAVORIT 2021

 Hai Sobat Reader,, kita sapa hangat dulu ya, untuk kamu yang sedang merasa not be okay-it's okay. semua ada fasenya, biar hati ini bertumbuh dan melewati rasa-rasa itu. bangkit, lupakan semua hal buruk and start liking yourself, for the first.

Sobat Reader kalo weekend siang biasanya ngapain aja nih? hehe

rebahan? jalan-jalan? quality time dengan keluarga? atau nonton movie?

buat yang gak mau berlarut dalam hal-hal tidak baik, mending kita habiskan waktu biar gak melongo. hehe. kalo aku sih terkadang waktu weekend suka tidak menentu, bisa dadakan traveling bareng teman, menonton drama korea, atau deep talking bareng keluarga (ini gak yang serius banget sih haha).

nah tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja nih aku mau mengulas sebuah drama series dari negeri ginseng yakni korea. nah belum lama aku sudah review film little forest ya, kali ini drama favoritku tahun 2021 jatuh kepada "Youth of May". film ini dirilis pada tanggal 3 Mei 2021. sesuai dengan judulnya pemuda di bulan mei, dan film ini tayang perdana di awal bulan mei. drama ini cukup banyak diminati, dibuktikan dengan rating yang tinggi dalam ulasan google, 98%. untuk penyuka kisah film Habibi & Ainun, film ini cukup mirip dengan kisah beliau. bagaimana ceritanya? mari kita bahas sedikit.



drama ini mengkisahkan kehidupan percintaan antara Hwang He tae yang diperankan oleh Lee Do Hyun dan Kim Myeong Hee oleh Go Min Si, mereka tidak sengaja menjalin hubungan palsu karena ayah dari Lee So Ryeon dan Hwan He Tae merencanakan perjodohan antara mereka berdua. karena Lee So Ryeon adalah seorang mahasiswi aktivis yang sedang semangat-semangatnya fokus terhadap aksi demonstrasi di Gwangju, dia meminta sahabatnya Kim Myeong Hee untuk menyamar menjadi Lee So Ryeon. namun, hal ini sudah diketahui oleh Hwang He Tae karena dia telah melihat Myeong Hee yang bekerja sebagai suster di salah satu Rumah sakit dan melihat aksinya yang baik terhadap rekan kerjanya- membela dari pelecehan seksual terhadap kawannya tersebut.

dating palsu mereka ini membuat benih-benih cinta bagi Hee Tae terhadap perilaku Myeong Hee, He Tae sendiri merasa bahwa Myeong Hee adalah wanita yang mampu menginspirasi lagu yang ia buat. sampai suatu ketika, ayah dari Hwang He Tae menyadari bahwa kencannya selama ini palsu (bukan bersama So Ryeon). pada saat itu, segera kedua ayah dari So Ryeon dan He Tae menggelar aksi lamaran- namun He Tae melarikan diri bersama Myeong Hee.

kisah cinta mereka cukup complicated, karena diketahui bahwa ayah Myeong Hee pernah terlibat dengan ayah Hee Tae dalam penangkapan warga yang melakukan aksi pemberontakan. karena ayah Hee Tae bekerja sebagai kepala divisi investigasi anti-aircraft dari pasukan keamaanan. disinilah hubungan mereka tidak direstui- mengetahui masa lalunya yang cukup pait bagi ayah Myeong Hee. 

akhir cerita, Myeong Hee dan Hwang Tee menikah di gereja, tepat hari mereka menikah, ayah Myeong Hee meninggal akibat tentara sedang memperketat akses dari luar Gwangju, ia melakukan penangkapan terhadap warga dan mahasiswa aktivis yang dicurigai akan melakukan aksi demonstran. tak lama setelah itu, sang adik Myeong Hee, segera menemui Myeong Hee dan mengabarkan bahwa sang ayah meninggal. acara pemakaman telah selesai, Jo Hyi-Hyun (sang adik) ingin kembali ke rumah halamannya dan berpergian sendiri-memunculkan kekawatiran bagi Myeong Hee bahwa adiknya tidak akan selamat juga. ketika Myeong Hee dan Hwang Tee berpencar, mereka berdua tertangkap di tempat yang berbeda. namun tepat saat itu tentara mencurigainya dan melepas pelatuknya ke badan Myeong Hee. berbeda dengan Hee Tae yang masih selamat, namun baginya tentu bukan kabar yang baik jika orang yang dicintainya meninggal dan ia tidak bisa melihat jasadnya. bertahun lamanya, ia menunggu kabar jasad Myeong Hee.


yang membuat cerita ini mirip dengan kisah antara Habibi dan Ainun, dilihat dari latar belakang Hwang Tee seorang mahasiswa kedokteran dan Myeong Hee sebagai perawat (walaupun tidak persis sama dengan ibu Ainun). hidup sederhana, dan kesetiaan cinta yang kuat dari Hee Tae. dibuktikan di dalam drama tersebut, Hwang Tee melajang sampai tua dan masih mencari kabar jasad dari Myeong Hee.

alasanku kenapa drama ini jadi favorit:

1. Drama ini mengcapture sejarah -diambil dari bentuk reflkesi keadaan Gwangju pada tahun 1980. sudah banyak artikel yang berbicara mengenai keadaan ini. bentorokan tentara dan mahasiswa yang memakan banyak korban. Di dalam film-pun, kita bisa sedikit melihat bagaimana kondisi Gwangju dan awal mula tejadi bentrokan. 

Dalam hal ini, banyak sekali pelajaran yang bisa kita tahu tentang sejarah aksi di Gwangju tahun 1980.

2. Kesederhanan hidup tokoh utama dan aksi "cuek" terhadap gunjingan orang. 

Hwang Tee adalah seorang anak dari ayah yang pekerjaanya dibenci oleh warga sipil. Begitu juga dengan ibu kandungnya yang digosipkan adalah wanita malam simpanan ayah Hwang Tee. Namun, dirinya tidak mengambil pusing terhadap omongan orang lain. Untuk kesederhaan hidupnya dilihat dari kehidupan Myeong Hee yang membantu sang adik untuk membiayai sekolah.

3. Pemain tokoh

ini opini pribadi, karena saking jatuh cintanya sama dua orang ini. terutama Hwang Tee yang diperankan Lee Do Hyun, wajah tampannya bersinar banget, dan keunggulan lainnya adalah tatapannya always with love. apalagi pas senyum huhu (gulali kalah jauh hehe), dan diperkuat sama karakternya yang tipe idaman banget deh haha,,, awalnya udah liat dia di film sweet home, tapi kook biasa aja. dan berbeda saat meranin drama Youth Of May. nah, untuk Go Min-Si, mungil, dan manis banget si mba-nya. suka banget sama karakternya yang mandiri dan cerdas. dibuktikan saat dia mendapat beasiswa sekolah di Jerman (pas di drama). ini orang udah muncul di film 'sweet home' tapi berlawanan banget karaktenya sama drama Youth of may, karena dari adik-kakak. jadi ke pasangan yang panutan bgt kisah cintanya.

okayy, Sobat Reader terima kasih sudah membaca. 

semoga membantu untuk yang gak sempet nonton filmnya,

cheerio!

Comments