Apa Saja Sih Makanan yang Dibutuhkan Tubuh Menurut Ustadz DZA? Yuk Baca Tulisan Ini.

 

Mens Sana in Corpore Sano https://www.matateduh.com/2021/08/apa-saja-sih-makanan-yang-dibutuhkan.html- di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pribahasa ini menjadi amat terkenal bagi kalangan manusia sang Pecinta Olahraga atau Kesehatan. Tubuh merupakan titipan zohariyah yang Tuhan berikan. Bagian dari ciptaan Tuhan ini dititipkan kepada manusia untuk dijaga dengan sebaik mungkin yang hasilnya nanti bagaimana kita mampu beribadah dengan sebaik mungkin dihadapanNya.

Yups, membentuk tubuh menjadi sehat tentu erat kaitannya dengan makanan apa yang kita konsumsi. Karena makanan berperan penting dalam memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang sudah lama. Namun, terkadang kita tidak memperhatikan bahwa makanan yang toyyib-lah (baik) yang hanya bisa meregenerasi sel-sel baru kita. Sebagai umat muslim, makan halal (diperbolehkan) sudah menjadi syarat bagi kaum muslim. memang tidak salah, namun alangkah baiknya jika kita perlu memperhatikan makanan yang akan kita makan, Seperti tercantum di dalam surat 80: 24. Seperti yang dikatakan oleh dokter Zaidul Akbar bahwa memperhatikan makanan adalah upaya kita untuk menciptakan generasi yang bagus dan tidak rusak.

أَلَا وَإِنَّ فِيْ الجَسَدِ مُضْغَة إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ، أَلَا وَهِيَ القَلْبُ ( متفق عليه)

ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging, jika ia baik maka baiklah tubuh, dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh tubuh, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.


Gaya hidup baru dengan pola hidup yang sehat membuat saya teringat dengan sosok fenomenal sang penggagas Jurus Sehat ala Rasulullah (JSR) yaitu ustadz dokter Zaidul Akbar Sudah banyak pastinya yang tahu bahwa dokter Zaidul Akbar ini seorang lulusan Kedokteran dan beliau merupakan praktisi pengobatan sunnah di Indonesia. beliau cukup aktif di sosial media, yakni instagram dan youtube yang dikelola oleh admin official-nya. Yang menjadi ciri khas dari beliau adalah semangat menyampaikan ilmu pola hidup sehat ini beliau resepkan dengan bahan-bahan herbal, yaitu rempah yang dimiliki Indonesia. hidup menjadi sehat merupakan impian semua orang, terutama bagi muslim. Dengan hidup sehat badan menjadi kuat dan mampu melakukan ibadah dengan baik. Inilah salah satu bentuk ketaatan kita dengan selalu menjaga qolbu (hati) dan tidak selalu mengikuti hawa nafsu. Kalau kata Ustadz Zaidul Akbar kalau kita sakit berarti ada qolbu yang yang rusak, karena tiap makanan yang kita konsumsi berdasarkan nafsu tidak memilah dimana letak toyyibnya. Maka, qolbu yang baik ialah mampu menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dengan makanan yang sehat.

Lalu apa saja makanan yang sehat?

Ustadz zaidul akbar sendiri telah menyampaikan beberapa resep buku sehat JSR (Jurus Sehat ala Rasulullah) yang sudah terjual banyak di e-commerce. Beliau sendiri dalam kanal Youtube nya menyampaikan bahwa makanan sehat makanan yang sumbernya dari tanahnya Allah dan tidak banyak mengalami proses atau olahan. Seperti, buah-buahan, sayur mentah, santan yang tidak dipanaskan, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, ada 4 asupan bagi tubuh dan membangun imun untuk menjadi lebih kuat, diantaranya:

1.     Probiotik

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberi efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Contoh makanan probiotik yang diakui oleh semua negara adalah kimchi. Makanan khas korea ini sangat bagus bagi usus, hasil makanan fermentasi ini membantu melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya kimchi makanan probiotik lainnya bisa kita buat sendiri dengan bahan tempe dan kurma- namun perlu diperhatikan bahwa tempenya masih yang mentah bukan yang diolah, di halaman akun instagram resepjsr pernah membagikan cara membuat sandwich tempe dan kurma, waww,, sepertinya menarik ya.

 

2.     Prebiotik

Prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Dan makanan ini biasanya kita temukan dalam buah dan sayur, memang sayur dan buah pastinya sudah menjadi makanan yang wajib untuk kita konsumsi setiap hari. Ustadz zaidul akbar pernah membagikan resep Rainbow Salad yang sangat kaya sumber nutrisinya dengan memenuhi karbo, protein, dan lemak.

Beginilah bahan-bahannya:

Terong, brokoli, wortel, jeruk nipis, lada hitam, garam, madu, kacang almond, tempe, alpukat, chia seed, dan kurma.

Biasanya kalau salad, cara membuatnya cukup diiris tipis atau sedang sesuai selera.

3.     Rempah dan rimpang

Rempah dan rimpang merupakan tanaman herbal yang dapat dipercaya oleh masyarakat akan manfaatnya. Dan, mengenai manfaatnya ini sudah banyak dilakukan penelitian jurnal akademik. Ustadz zaidul akbar pernah membagikan resep mengenai pembuatan minuman yang bahannya dari rempah dan rimpang. Yaitu, siapkan air panas, jahe seukuran jempol, kunyit seukuran ruas jari telunjuk, lengkuas 1/3, sereh, dan jeniper (jeruk nipis peras), jangan lupa tambahkan madu. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat menjelang tidur sebagai pembersih bagi tubuh kita dari sisa makanan sebelumnya.

kebetulan ini aku lagi suka banget bikin macam empon-empon sebagai rutinitas minuman di malam hari, nah bahan yang digunakan: jahe sebesar jempol kita, kunyit putih, sereh dan gula aren sebagai pemanis rasa.




4.     Air kelapa

Semua sudah tahu bahwa air kelapa sangat bagus sekali. beruntungnya kita tinggal di negara tropis tidak pernah kekurangan buah kelapa, dan untuk menambah daya tahan tubuh dan memperkaya nutrisi- cukup mengonsumsi air kelapa seminggu 2 kali.

Demikian 4 asupan makanan yang baik bagi tubuh, dengan mengkonsumsi berbagai macam serat kita juga perlu memberikan tambahan suplemen herbal dari tanahnya Allah yang insyAllah membantu memperkuat daya tahan tubuh kita. Pastikan tidak makan secara berlebihan karena bisa menyebabkan lemahnya iman. Makanlah secukupnya, dan semoga kita mampu meniatkan bahwa makanan yang kita konsumsi ini sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan kita kepada Allah agar mudah dan lancar dalam menjalankan ibadah.

 

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat 😊

Salam sehat

 

Comments