Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur: Sayangi Jiwa dan Raga

 

Hayy semuanya,,, hari ini aku sedikit mau cerita dulu mengenai kehidupan di era pandemi ini. Yupss, 2 tahun berjalan Indonesia masih harus mengalami perubahan gaya hidup dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan saat hendak keluar. namun, terkadang penyakit lupaku suka kumat ketika pagi buta belanja ke pasar sampai di tengah jalan, eh harus balik lagi karena gak pakai masker hehe. Selain karena memang dikira gak banyak orang di luar yaa memang berniat mencari udara segar juga. Sambil berjalan kecil bersama Ibu, aku hendak mencari Buah segar dan Sayur untuk disantap menu makan hari itu.

Memilih sehat menjadi pencarian utama diriku, mengkonsumsi buah dan sayur adalah kebutuhan utama dalam setiap asupan gizi. Setidaknya, buah dan sayur setiap hari selalu kami beli dan tersedia di dalam kulkas sebagai stok makanan pagi dan sore. Kebiasaan ini sebenarnya baru aku lakukan sejak WHO menyatakan resmi bahwa virus corona diaktifkan sebagai pandemi. Setelah itu, masyarakat ramai membicarakan virus tersebut dan selalu antisipasi menyiapkan hand-sanitizer dan juga masker dan hingga saat ini kebiasaan tersebut menjadi kewajiban warga Indonesia saat hendak keluar. namun, tidak bisa pungkiri bahwa sikap menjaga protokol kesehatan saja bisa menjamin terhindar dari virus, salah satu bentuk ikhtiarku terhadap virus ini adalah dengan mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan, yaitu buah dan sayur. Padahal seharusnya aku sudah menyadari itu sejak lama yah, karena buah dan sayur merupakan asupan gizi yang harus dikonsumsi setiap hari. Memang apa saja sih manfaat megkonsumsi Buah dan Sayur?

 

MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH DAN SAYUR

1.     Berat badan tetap terjaga

Sayur dan buah memiliki serat yang tinggi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. porsi makanan utama seperti nasi dan lauk cukup kita sediakan sedikit saja, dan bisa diperbanyak kebutuhan nutrisinya dari sayur dan diiringi makan pendahulu yaitu, buah. Agar nafsu makan dapat terkendali karena merasa lebih kenyang.

2.     Kulit lebih lembap dan tidak kering.

Buah dan sayur masing-masing memiliki nutrisi dan vitamin yang berbeda. Jika terus mengonsumsi sayur seperti wortel yang tinggi vitamin A dan bagus untuk kulit. Kemudian vitamin C yang diperoleh dari jeruk dan lemon, membuat kulit terlihat lebih lembap dan halus. Bahkan lemon sisa perasannya masih bisa digunakan untuk masker loh.

3.     Badan terlihat lebih sehat dan bugar

Mengonsumsi buah dan sayur tinggi akan zat besi yang yang menjaga kesehatan sel-sel tubuh agar tidak terkena anemia. Hal ini didapatkan dari sayur bayam, brokoli dan buah kurma dan semangka.  

 

Buah dan sayur merupakan kandungan gizi provitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan kelompok vitamin B kompleks. Selain itu buah dan sayur juga mengandung mineral yaitu Kalium, Kalsium, Natrium, Zat Besi, Magnesium, Mangan, Seng, Selenium, dan Boron. (Yuliarti, 2008). Dan, kandungan gizi inilah yang dibutuhkan tubuh. Pentingnya mengonsumsi buah dan sayur tercantum dalam firmannya surat 'Abasa (80):24-32:

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ إِلَىٰ طَعَامِهِ (24) أَنَّا صَبَبْنَا الْمَاءَ صَبًّا (25) ثُمَّ شَقَقْنَا الْأَرْضَ شَقًّا (26) فَأَنْبَتْنَا فِيهَا حَبًّا (27) وَعِنَبًا وَقَضْبًا (28) وَزَيْتُونًا وَنَخْلًا (29) وَحَدَائِقَ غُلْبًا (30) وَفَاكِهَةً وَأَبًّا (31) مَتَاعًا لَكُمْ وَلِأَنْعَامِكُمْ(32).

"maka hendaklah manusia itu memerhatikan makanannya, Kamilah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu di sana Kamu tumbuhkan biji-bijian, dan anggur dan sayur-sayuran, dan zaitun dan pohon kurma, dan kebun-kebun (yang rindang), dan buah-buahan sera rerumputan, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan ternakmu.

 

Dalam beberapa ayat tersebut ditampilkan bahwa Allah menganugrahkan kebun-kebun yang bisa hasilnya bisa kita nikmati, kata فَاكهة  dalam kamus ma'ani yang berarti buah-buahan. Secara dasar Allah menyebutkan bahwa kata "Buah" bagian dari tanaman perkebunan yang menyenangkan untuk dinikmati yang tentunya kata nikmat inilah membawa manfaat bagi siapapun yang memakannya.

Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) menyatakan bahwa mengonsumsi sayur dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. 3-4 porsi untuk sayur dan 2-3 porsi untuk buah.

Buah salah satunya terdapat seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh di setiap harinya, seperti pisang, mangga dan apel didalamnya mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi utama. Namun, culture warga Indonesia saat ini asupan nutrisi karbo hanya tergantung pada nasi putih, kalo kata orang-orang "gak makan nasi bukan makan namanya" hehe, dan ketergantungan inilah yang membuat pemerintah harus memasok beras impor karena meningginya bahan pokok masyarakat Indonesia. Aku sendiri sebenarnya masih belum bisa meninggalkan nasi putih, namun aku sudah mengurangi nasi putih dan menggantinya dengan makanan lain seperti sarapan dengan pepaya merah dan jus wortel. Selain itu buah juga terdapat kandungan protein, seperti pisang, jambu, kurma. Dan masih banyak lagi nutrisi yang terkandung di dalam buah.

Buah dan sayur juga bisa menjadi alat untuk mendetoksifikasi, yaitu dimana terjadi proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru, dan kulit. Mendetoksifikasi tubuh sangat perlu untuk membuang zat racun yang berasal dari internal dan eksternal. Baik internal adalah makanan yang digoreng, dibakar, pestisida, zat pengawet. Dan, dari eksternal seperti polusi udara.


Aku belum lama ini sedang mencari jus detoks yang mengandung sayur dan buah yang aku inginkan, dan ketemulah aku jus detoks dari itsbuah.com. Yups, mereka menjual jus detoks dan jus lainnya yang semua bahannya dari buah dan sayur. Dalam tampilan feed instagram-nya mereka sering mengedukasi dan memberikan informasi mengenai buah dan sayur, dan betapa pentingnya detoks.

 

 

 

 

 

Sumber foto: itsbuah

 

 


Demikianlah bahayanya jika kita tidak mendetoks tubuh. dr. Zaidul Akbar yang dikenal pemberi resep kesehatan herbal melalui sayur, buah dan rimpang-juga selalu mengedukasi kepada masyarakat untuk mendetoks badan agar tidak tertimbun lemak di dalam tubuh. namun, ada pentingnya kita mendetoks badan dengan bahan buah dan sayur yang fresh. Nah, itsbuah ini plus positifnya lagi bekerja sama dengan petani lokal dan juga ramah lingkungan.

kita sebagai warga Indonesia benar-benar harus bersyukur akan hal ini. Indonesia menjadi negara yang menghasilkan buah tropis terbesar di dunia. Tercatat oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, FAO bahwa Indonesia pada 2019 produksi jeruk global per tahun mencapai 75 ton. Sudah seharusnya buah lokal menjadi pilihan utama kita dalam mengonsumsi buah dan sayur. Dengan buah lokal, fresh nya lebih terjaga karena cepat sampai, menyelamatkan lingkungan sekitar, lebih sehat, dan memakmurkan petani kita. Salah satu akun instagram yang mendukung petani lokal yaitu Kisahtani. Ia menjual buah dan sayur segar yang dipetik langsung dari petani lokal setelah konsumen memesan barang. Harganya juga sangat terjangkau. Sudah seharusnya kita mencintai buah dan sayur lokal, banyaknya keuntungan bagi kita untuk mengonsumsi produk lokal dibanding impor. Kita sehat petani-pun makmur.

Mari kita sosialisasikan demi Indonesia yang sehat juga kemakmuran para petani.

"sehat itu pilihan bagi tiap jiwa yang menginvestasikan masa tuanya untuk menjadi lebih baik. Badan sehat ibadahpun lancar"

 

Sumber referensi pembantu:

http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2019/05/14/11/mari-makan-sayur-dan-buah-yang-berkhasiat-baik-bagi-tubuh-untuk-keluarga-indonesia-sehat.html

 

 

Comments