LANGKAH-LANGKAH MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

 hai semuanya, para reader semua semoga selalu sehat yah, LANGKAH-LANGKAH MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSIpenyelesaian pendidikan sampai tuntas merupakan bentuk tanggung jawab kecil kita kepada diri sendiri. saat kita memutuskan untuk menempuh pendidikan Sarjana atau S1 (Strata satu), maka kata ketuntasan-lah yang perlu kita prinsipkan dari awal. bukan persoalan yang penting ilmu nya cukup dan sudah dapat-jangan perhatikan diri sendiri, tapi lihat orang terdekat dan keluarga sekitar. Buktikanlah  bahwa kalian memang seorang yang pantas lulus sebagai Sarjana.

yups, sebelum menggandeng status Sarjana, seorang mahasiswa pastinya mengenal Skripsi. karena, skripsi merupakan syarat utama seorang mahasiswa dalam membuktikan pengaplikasian ilmu yang telah diembankan. namun, terkadang seorang mahasiswa masih bingung sekiranya bagaimana langkah yang harus dilakukan di awal saat pengkerjaan skripsi. haruskan mencari topik terdahulu? atau membaca beberapa skripsi? atau dalam contoh kasus analisis terhadap novel, membaca novel dulu?. yups, saya disini ingin berbagi sedikit tips pengalaman saya ketika membuat skripsi, dengan berbagai langkah berikut.

okey, karena disini saya memakai penelitian dengan metode kualitatif- deskriptif, artinya penelitian saya berupa kata, frasa, kalimat, hingga paragraf. 

pertama, saya tentukan terlebih dahulu. saya ingin mengambil bahan atau korpus apa. karena saya ada di jurusan bahasa dan sastra, maka saya memutuskan korpus saya yaitu, novel. 

kedua, saya mulai membaca skripsi mahasiswa yang memiliki bahan utamanya seperti saya, yaitu kajian dalam novel. saya mulai membaca beberapa skripsi, minimal 3 skripsi dengan topik atau isu yang berbeda, gapapa. dalam pelajaran ini, saya harus mengambil pelajaran dan catat apa di bagian latar belakang dan analsisis, yup ini ada dalam bab 1 dan 4.

di dalam langkah ini, saya lihat pola kepenulisan bab 1, hal ini yang paling krusial asal muasal mengapa kita harus menulis ini atau mengapa kita ingin melakukan penelitian ini. dan bagaimana penulis mulai mengangkat topik, teori yang di gunakan, dan isu yang terjadi di dalamnya sampai pada sub bab rumusan masalah. kemudian, di bab 4 atau bagian analisis, kita perlu melihat bagaimana cara menganalisis sebuah novel dan penerapan teori yang digunakan. sebetulnya cukup simple, asalkan siap untuk dikerjakan. hehe

ketiga, jika sudah cukup referensi gambaran skripsi. maka bersiaplah untuk membaca korpus, kalau aku pake novel. jadi aku baca novel. dan di tahap ini, aku perlu cari sekiranya isu apa yang paling menonjol atau sebelumnya kalian sudah ada referensi skripsi, isu atau topiknya bisa digunakan dari referensi sebelumnya. kalo saya memang terinspirasi dari referensi bacaan skripsi dengan tema konflik sosial maka saya juga mencari isu konflik sosial yang terdapat dalam novel. begitulah fungsingnya langkah kedua.

dan di tahap ini, saya meggunakan alat bantu yaitu sticker note untuk membuat ringkasan kategori konflik dan menjadi tanda bahwa adanya kutipan frasa atau kalimat tentang konflik.

keempat, tentukan teori. kaitkan teori apa yang paling cocok dengan hasil temuan kita. teori ini menjadi pisau untuk membedah karya sastra yang akan kita teliti. jadi carinya yang sesuai dengan topik yang akan kita bahas yah, saya menggunakan isu konflik sosial, maka teori saya berkaitan dengan sosiologi sastra dan mencari siapa tokoh yang menyatakan bahwa konflik merupakan salah satu bagian dari karya sastra. 

setelah 4 langkah memulai pengkerjaan skripsi, saatnya siapkan outline atau semacam sistematika penulisan untuk menggarap penulisan. 

seperti, 

bab 1: latar belakang, rumusan masalah, dsb

bab 2: pengertian sastra, sosiologi sastra, konflik sosial, dsb

bab 3: biografi penulis novel, kondisi latar waktu yang berkaitan dengan konteks di dalam novel

bab 4: analisis, apa saja isu yang terdapat di dalamnya, masukan poin-poinnya.

bab 5: kesimpulan.

selesai kan, jangan terlalu lama dipikirkan, kita cuma perlu aksi dan doa. libatkan Allah dalam setiap urusan, insyaAllah selalu ada jalan. 

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan Allah tidak menghendaki kesulitan untuk kalian. (QS. Al-Baqarah : 185)


jadi, semangat yang sedang berjuang mengerjakan skripsi, semoga langkah tersebut bermanfaat. 

*btw, ini foto saya saat sidang online. muka saya jika terlihat dari samping biasa saja, aslinya pucet juga karena overthinking akibat drama yang cukup singkat. tapi, 1,5 jam saja saya merasa grogi. sisanya semua lega. dan terasa lebih indah saat melihat orang tua di rumah.


Comments