Pengusaha Muda yang Bangga Budaya












Ciledug – membuka usaha bukanlah hal yang mudah bagi warga masyarakat, bukan hanya soal niat dan istiqomah dalam menjalankan usaha, namun lepas itu hal yang harus beriringan dengan niat adalah modal. Banyak orang terhalang niatnya untuk membuka usaha karena modal yang tidak mencukupi atau not available. Menjadi entrepreneur pun bukan soal memikirkan untung dan rugi melainkan surga dan neraka. Begitulah hasil wawancara saya dengan salah satu owner distro betawi boys ini.

Septo ariek hidayatullah atau panggilan akrabnya bang eto ini adalah entrepreneur muda yang membuka usaha fokus dibidang sandang/pakaian. Dengan menamakan brand nya atas nama suku, bang septo ini atau panggilan khususnya bang one bangga untuk mencantumkan nama usahanya tersebut dengan sebutan suku, yaitu suku betawi. Karena lahir dan asli orang sini jadi bang eto menampilkan dan mempersembahkan nama usahanya dengan Distro Betawi Boys.

Usaha ini belum lama didirikan, pada bulan September 2016 distro betawi boys dibangun dengan niat dan usaha bang eto yang dibantu dengan modal 600 ribu oleh sang kaka, dengan inisiatif  bang eto memberikan nama usahanya kental dengan unsur ke-sukuannya, bang eto ini dari awal memang sudah mencintai budayanya dan mengajak kepada anak muda agar lebih mencintai budayanya. “ dari yang gua liat ini sih mayoritas anak muda itu  lebih cenderung dengan tampilan kaosnya lebih berkiblat dengan barat, tulisan-tulisannya bahasa barat, nah disini gua pengen bikin gebrakan agar pemuda disini kususnya budaya betawi lebih bangga menggunakan passion/kaos dengan bahasa betawi. Jadi selain tampil modern kita juga menyelamatkan budaya betawi yang hampir punah” ujar bang septo alias bang one

“untuk niat usaha ini sih, kita niatin pertama untuk mengikuti Sunnah Rasul. Niat yang kedua untuk saling tolong menolong. Karena gua bergerak jualan dibidang passion jadi gua pengen menolong orang yang mencari passion dengan budayanya sendiri.” Ucap bang septo dalam wawancaranya

Distro betawi boys yang terletak di kecamatan ciledug  daerah Tangerang kota sudah terkenal di daerah ibu kota Jakarta. bang eto tidak memikirkan keuntungannya secara pribadi, ia ingin memberi pesan dan kesan terhadap para pemuda yang ingin membuka usaha. harapan bang eto ini semoga distro betawi boys semakin sukses dan untuk para usahawan muda niatin dagang untuk membantu orang, bisa membuka lapangan kerja bagi orang yang handal dibidangnya.

Banyak pemuda yang sering sharing dengan bang eto ini soal bagaimana membuka usaha, karena rasa takutnya yang belum terjadi menyebabkan pikiran apakah barang ini laku atau tidak menjadi kendala saat menjalankan usaha.

Pesan terakhir dari bang one ini “berwirausaha lebih menjanjikan, selain ada unsur ibadah ada unsur sosalisasi yaitu tolong menolong juga, jadi untuk pemuda ayuklah kita berwirausaha agar pemuda di tanah kelahiran ini menjadi lebih baik”.

 “nama gua septo, tapi gua sering dipanggil one. Dalam bahasa inggris one itu artinya nomor satu one (orang namanya eto). Jadi gua pengen bisa menjadi orang yang selalu nomor satu. Karena kalo dipanggilnya septo kaya nama orang Jawa, sedangkan gua ini orang Betawi.” Ungkapan terakhir sebagai penutup dalam wawancara tersebut

(2/03/2018)
Novia Khairina



Comments